RADIOLOGI

Dalam menunjang diagnosa RSAU dr. Esnawan Antariksa juga dilengkapi fasilitas Radiologi. Dapat dilakukan dengan kontras ataupun tanpa kontras.

RADIOLOGI TANPA KONTRAS

Kepala, Throrax PA, Thorax PA & Lateral, Pelvis, Abdomen 3 posisi, Extremitas atas bawah, Cervical, Thorachal/Lumbal / Sacrum, Bone Survey I (Pelvis, Kepala, lumbal, thorax, Extremitas), Bone Survey II (Pelvise, Kepala, lumbal, thorax), mamografi, Abdomen (BNO), USG Kebidanan, USG Kebidanan dan trasvaginal, USG Thorax

RADIOLOGI DENGAN KONTRAS

OMD, Colon Inloop, Cor Analisa, BNO-IV. Uretografi, Cystografi, HSG, Retrograde pylografi (RPG). Apendicogram, Myelografi, CT SCAN kepala, Thorax, Nasofaring/orbita/Sellatursica, abdomen atas, abdomen bawah/pelvis, vertebrata imbosacral, vertebrata thorancalis, ekstrenitas (I sisi), Biopsi ( T 113).

 

LABORATORIUM

Pelayanan Laboratorium merupakan salah satu penunjang medis di RSAU dr. Esnawan Antariksa dengan peranan sebagai penunjang diagnosis, serta memonitor penyakit dan pengobatan. Memiliki laboratorium yang lengkap dengan didukung oleh Sumber Daya Manusia yang handal dan mampu melayani pasien 24 jam. Tersedia pula alat-alat dari generasi terbaru untuk pemeriksaan Laboratorium seperti Hematology Analyzer, Clinical Chemistry, dll.

Pemeriksaan yang dapat dilakukan :

  • Pemeriksaan rutin seperti Darah Lengkap (Hb, Ht, Leuko, dll), Urine Lengkap, Test Fungsi Hati, Test Fungsi Ginjal, Test Hepatitis, Test Tiroid, dll
  • Pemeriksaan Panel/Paket seperti Paket Febris, Paket Stroke, Paket Diabetes, Paket Alergi, dll
  • Pemeriksaan khusus seperti Kultur mikroorganisme, dll

HEMODIALISIS
Hemodialisis adalah pengobatan cuci darah yang menggunakan prosedur pengobatan pengganti ginjal pada pasien yang menderita gagal ginjal pada pasien yang menderita gagal ginjal akut atau kronik dengan criteria tertentu.

Proses Hemodialisis
Pasien yang didiagnosis dengan gagal ginjal dan memerlukan pengobatan hemodialisis akan menjalani prosedur pengobatan di unit Hemodialisis. Darah pasien akan dialirkan kedalam mesin cuci darah melalui ginjal buatan (Dialyzer) dengan kecepatan dan tekanan tertentu. Hal ini membutuhkan waktu sekitar 4-5 jam per tindakan.
Darah yang dibersihkan dikembalikan kedalam aliran darah pasien. Frekuensi tindakan dapat dilakukan sebanyak 2 atau 3 kali seminggu. Tergantungan pada kondisi pasien dan dosis kebutuhan pasien.
Pemeriksaan kadar racun (ureum dan kreatinin) yang tertimbun dilakukan secara berkala sebelum dan sesudah Hemodialisis untuk memenuhi kecukupan pengobatan. Jumlah cairan berlebih yang dikeluarkan dalam proses Hemodialisis diketahui dalam proses diketahui dari selisih nilai timbangan bobot badan (BB) sebelum dan sesudah tindakan.

Kemampuan pemberikan pelayanan :

48 Tempat tidur dengan alat hemodialise yang lengkap serta tenaga medis dan paramedis yang handal

 

LAYANAN KATERISASI JANTUNG ( CATH LAB)

Cath lab / Angiography adalah tindakan/prosedur diagnostik invasif menggunakan sinar x (x-ray) untuk menggambarkan pembuluh darah diberbagai bagian tubuh termasuk jantung, otak dan ginjal untuk melihat apakah ada penyakit, penyempitan, pelebaran atau penyumbatan pada pembuluh darah. Sehingga alat ini sangat berguna untuk pasien dengan keluhan jantung. Maka dari itu, dalam meningkatkan pelayanan kami kepada pasien, saat ini RSAU dr. Esnawan Antariksa telah membuka layanan Cathlab, bertempat di Lantai 3 - disamping ruang perawatan VIP (Dirgantara). Ditunjang oleh tenaga ahli yang profesional & teknologi yang canggih sehingga semakin menambah tingkat keberhasilan operasi.

Akreditasi Paripurna

                   

Daftar Online

Dalam memberikan kemudahan Pasien, RSAU dr. Esnawan Antariksa Menyediakan layanan Pendaftaran Online Pasien.

Klik Daftar

Informasi

Go to top