TATA TERTIB DAN WAKTU BERKUNJUNG

Tata Tertib

Pengunjung adalah bagian penting dari proses penyembuhan pasien. Karena itu, kami menganjurkan keluarga dan teman pasien melakukan kunjungan ke rumah sakit. Waktu berkunjung dapat berbeda pada setiap Unit. Mohon hubungi perawat untuk waktu berkunjung yang tepat pada Unit perawatan Anda. Untuk menjaga ketenangan dan kenyamanan pasien dan pasien lainnnya, kunjungan hanya dapat dilakukan saat jam berkunjung, dilakukan secara bergantian, tidak berbicara keras, dan segera meninggalkan ruang perawatan bila jam kunjung usai. Privasi Anda sangat penting bagi kami. Karena itu hubungi perawat, bila Anda ingin membatasi kunjungan atau bila untuk sementara waktu, Anda belum dapat menerima kunjungan kerabat. Sebaiknya Anda tidak melakukan kunjungan lebih dulu jika kondisi badan tidak fit, sedang flu, demam, dsb. Anak-anak di bawah usia 12 tahun tidak diizinkan berkunjung karena daya tahan tubuh yang masih rendah.

Waktu Berkunjung 

Siang: 11.00 – 13.00 WIB

Sore: 18.00 – 20.00 WIB

 

KESEHATAN DAN KESELAMATAN ANDA

Pencegahan Penyebaran Kuman

Mencuci tangan adalah cara terbaik mencegah penyebaran kuman. Cuci tangan Anda secara rutin dan ingatkan keluarga ataupun kerabat yang mengunjungi Anda untuk melakukan hal yang sama. Tempat cuci tangan dan waterless hand sanitizer tersedia pada tiap Unit, untuk digunakan staf, pasien, dan pengunjung. 

Dapatkan vaksinasi apabila direkomendasikan. Vaksin flu dan pneumonia dapat mencegah penyakit, terutama bagi pasien muda, lanjut usia, dan beresiko tinggi.
 
Keamanan Obat-obatan 
 
Informasikan pada dokter dan perawat mengenai konsumsi obat-obatan Anda, termasuk:
  • Obat resep
  • Obat tanpa resep (seperti aspirin atau obat batuk)
  • Obat-obatan yang diberi keluarga atau kerabat Anda
  • Vitamin
  • Produk herbal
  • Produk toko (makanan-makanan sehat)
Tanyakan perawat mengenai obat-obatan Anda – apa nama obat tersebut, bagaimana bentuknya, apa khasiatnya, jam berapa saja obat  tersebut diberikan dan efek samping obat tersebut. Perhatikan setiap obat-obatan sebelum Anda mengkonsumsinya.
 
Informasikan pada dokter dan perawat bila Anda memiliki alergi terhadap obat, makanan, atau produk tertentu. 
 
Berpartisipasi Dalam Perawatan Anda
 
Diskusikan rencana pengobatan Anda dengan dokter dan perawat, mulai dari tujuan, kapan tindakan akan dilakukan, detail tindakan, alat medis yang digunakan, dsb. Tanyakan hal-hal yang tidak Anda mengerti dan pastikan Anda paham apa yang dapat diharapkan dari rencana pengobatan tersebut. 
 
Bila karena suatu hal, Anda menolak melakukan tindakan medis/ pengobatan/ perawatan intensif, Anda diharapkan menandatangani formulir Surat Penolakan dan bertanggung jawab atas resiko yang terjadi. 
Anda akan menerima banyak informasi pada saat yang sama. Karena itu, sebaiknya Anda meminta anggota keluarga atau kerabat mendengarkan informasi tersebut bersama Anda ketika diagnosa, hasil tes, rencana pengobatan dan rencana pemulangan dijelaskan. 
 
Jika memungkinkan, tunjuk satu anggota keluarga untuk berinteraksi dengan tim keperawatan. Orang ini kemudian dapat melanjutkan informasi ke anggota keluarga atau kerabat lainnya.
 
Mencegah Terjadinya Jatuh
 
Di dalam rumah sakit, orang-orang dapat berada dalam risiko lebih tinggi untuk terjatuh. Penyakit, operasi, atau obat-obatan dapat mempengaruhi kondisi dan ruang gerak Anda. Untuk menjaga pasien dari segala bentuk cidera, termasuk jatuh yang tidak disengaja, kami akan:
  • Melihat risiko Anda untuk jatuh dan ketika terjadi perubahan pada kondisi Anda selama masa perawatan
  • Menentukan langkah preventif untuk mencegah terjadinya jatuh selama masa perawatan Anda, dan berbagi informasi ini dengan para staf kami
  • Menunjukkan bagaimana cara menggunakan bel panggilan pada saat Anda memerlukan bantuan.
  • Merespon panggilan untuk membantu Anda tepat waktu.
  • Membantu Anda untuk naik dan turun tempat tidur serta menggunakan kamar mandi jika diperlukan.
 
Kami menghimbau agar Anda atau keluarga dan kerabat untuk:
  • Memberitahu perawat bila Anda pernah jatuh sebelumnya.
  • Menanyakan perawat mengenai risiko Anda untuk jatuh dan tindakan pencegahan apa yang dilakukan.
  • Menggunakan bel panggilan untuk meminta pertolongan sebelum mencoba turun dari tempat tidur.
  • Ketika selesai menggunakan kamar mandi, gunakan bel panggilan dan tunggu bantuan staf kami untuk membantu Anda kembali ke tempat tidur.
  • Menggunakan alas kaki yang aman dan peralatan yang telah disediakan untuk keselamatan Anda.
  • Memastikan bel panggilan dan benda-benda lain yang diperlukan berada dalam  jangkauan Anda sebelum keluarga atau staf meninggalkan ruangan.
 
Safe Practices (Praktik Aman) di Rumah
  • Bicaralah dengan dokter dan perawat dan atau ahli farmasi.
  • Bertanyalah dan catat jawaban.
  • Periksa dengan teliti semua resep/ obat sebelum menggunakannya.
  • Gunakan bedside rails untuk tempat tidur bila Anda memerlukannya.
  • Pastikan terdapat telepon atau bel di dekat tempat tidur apabila Anda memerlukan bantuan.
  • Berhati-hatilah bila Anda memiliki peralatan oksigen di rumah Anda. Jangan merorok di dekat peralatan oksigen, dikarenakan mudah terbakar.
  • Jika Anda memiliki peralatan medis yang perlu terhubung ke aliran listrik, gunakan aliran listrik yang aman. Jangan gunakan kabel ekstensi.

 

HAK DAN KEWAJIBAN PASIEN DAN KELUARGA PASIEN

HAK PASIEN

  1. Memperoleh informasi mengenai tata tertib dan peraturan yang berlaku di rumah sakit.
  2. Memperoleh informasi tentang hak dan kewajiban pasien.
  3. Memperoleh layanan yang manusiawi, adil, jujur, dan tanpa diskriminasi.
  4. Memperoleh layanan kesehatan yang bermutu sesuai dengan standar profesi dan standar prosedur operasional.
  5. Memperoleh layanan efektif dan efisien sehingga pasien terhindar dari kerugian fisik dan materi.
  6. Mengajukan pengaduan atas kualitas pelayanan yang ditetapkan.
  7. Memilih dokter dan kelas perawatan sesuai dengan keinginannya dan peraturan yang berlaku di rumah sakit.
  8. Meminta konsultasi tentang penyakit yang dideritanya kepada dokter lain yang mempunyai Surat Izin Praktik (SIP) baik di dalam maupun di luar rumah sakit.
  9. Mendapatkan privasi dan kerahasiaan penyakit yang diderita termasuk data-data medisnya.
  10. Mendapat informasi yang meliputi diagnosis dan tata cara tindakan medis, tujuan tindakan medis, alternatif tindakan, risiko, dan komplikasi yang mungkin terjadi, dan prognosis terhadap tindakan yang dilakukan serta perkiraan biaya pengobatan. 
  11. Memberikan persetujuan atau menolak atas tindakan yang akan dilakukan oleh tenaga kesehatan terhadap penyakit yang dideritanya.
  12. Didampingi keluarganya dalam keadaan kritis.
  13. Menjalankan ibadah sesuai agama atau kepercayaan yang dianutnya selama hal itu tidak mengganggu pasien lainnya.
  14. Memperoleh keamanan dan keselamatan dirinya selama dalam perawatan di rumah sakit.
  15. Mengajukan usul, saran, perbaikan atas perlakuan rumah sakit terhadap dirinya.
  16. Menolak pelayanan bimbingan rohani yang tidak sesuai dengan agama dan kepercayaan yang dianutnya.
  17. Mengeluhkan pelayanan rumah sakit yang tidak sesuai dengan standar pelayanan melalui media cetak dan elektronik sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan. 

 

KEWAJIBAN PASIEN

  1. Memberikan informasi yang lengkap dan jujur tentang masalah kesehatannya.
  2. Mematuhi nasihat dan petunjuk dokter atau dokter gigi.
  3. Mematuhi ketentuan yang berlaku di sarana pelayanan kesehatan.
  4. Memberikan imbalan jasa atas pelayanan yang diterima.

 

SELAMA ANDA DIRAWAT

Gelang Tanda Pengenal

Anda akan diberikan gelang tanda pengenal dengan nama lengkap, tanggal lahir, dan nomor rekam medik Anda. Mohon pastikan bahwa informasi yang tertera adalah benar. Dilarang melepaskan gelang tanda pengenal hingga waktu kepulangan Anda dari rumah sakit. Jika gelang tanda pengenal terlepas, segera hubungi perawat untuk medapatkan gelang baru.

Aktivitas Ruangan

Kegiatan ruangan termasuk aktivitas ward round oleh dokter dan perawat, sistem penugasan keperawatan dan pergantian shift, rencana perawatan, meals, waktu kunjung pasien, dsb. Aktifitas lain seperti tes laboratorium, x-ray, atau prosedur lainnya akan dilakukan bila dibutuhkan. Jika Anda memiliki pertanyaan, janganlah ragu untuk menghubungi kepala perawat kami.   

Prosedur Kegawatdaruratan

Kami memiliki prosedur penanganan kondisi gawat darurat dan semua staf kami dilatih untuk mematuhi prosedur tersebut. Dalam keadaan darurat, staf akan mengambil tindakan apapun yang diperlukan, dan mengarahkan apa yang harus Anda lakukan saat itu 

Tim Perawatan Kesehatan Anda

Selama masa perawatan Anda di RSAU dr. Esnawan Antariksa, Anda akan memiliki tim kesehatan yang terlibat dalam perawatan Anda. Tim ini terdiri atas dokter, perawat, dan tenaga kesehatan lainnnya yang diperlukan seperti ahli gizi, fisioterapis, ahli farmasi dsb.

Dokter

DPJP (Dokter Penanggung Jawab Pelayanan) mensupervisi perawatan dan pengobatan Anda serta menentukan kepulangan pasien. Tim dokter yang merawat Anda termasuk dokter spesialis dan anggota staf medis rumah sakit, seperti dokter jaga atau asisten dokter. Anda dapat bertanya kepada DPJP akan gambaran menyeluruh mengenai kondisi kesehatan Anda. Bila karena alasan kesehatan dan keterbatasan komunikasi, Anda dapat menunjuk seseorang sebagai wakil Anda untuk berkomunikasi dengan dokter dan staf rumah sakit.

Perawat

Perawat menjembatani Anda dan anggota tim perawatan kesehatan Anda. Mereka membantu mengkomunikasikan kebutuhan Anda ke anggota tim perawatan kesehatan Anda.Tim perawat akan memberikan asuhan keperawatan sesuai kondisi kesehatan Anda. Perawat melihat keadaan Anda, merencanakan, dan menilai perawatþn sehari-hari Anda, menyiapkan dan memberikan obat-obatan, cairan infus, dan melakukan perawatan sesuai kewenangannya. Mereka memberikan informasi dan edukasi sesuai kondisi kesehatan Anda dan bagaimana cara untuk melanjutkan pengobatan setelah pemulangan Anda dari rumah sakit. Mereka bertanggung jawab untuk melihat tanda vital Anda, merawat kebersihan pribadi Anda, dan membantu untuk memastikan bahwa Anda nyaman selama masa perawatan Anda.

Ahli Farmasi

Ahli Farmasi adalah ahli yang bekerja sama dengan dokter dan perawat untuk memastikan pasien menerima manfaat penuh dari obat-obatan yang ada, mereka juga memonitor pengobatan Anda untuk melihat efektifitasnya dan membantu menghindari efek samping, alergi, dan efek yang mungkin didapat dari makanan dan obat. 

Ahli Gizi Klinis

Tim ahli gizi klinis rumah sakit bekerja sama dengan dokter, perawat, dan anggota lain tim perawatan kesehatan Anda untuk menyediakan informasi dan asuhan nutrisi. Melalui menu makanan yang variatif, mereka akan berkerja sama dengan Anda untuk mengakomodasi kebutuhan spesifik Anda.

Layanan Rohani

Layanan ibadah tersedia di rumah sakit pada waktu dan tempat tertentu, termasuk untuk layanan rohani bagi pemeluk agama Islam, Kristen, Katolik, Hindu, dan Budha. Bila Anda memerlukan layanan rohani diluar dari yang disediakan rumah sakit, diperkenankan selama Anda terlebih dulu memberitahu pihak rumah sakit dan tidak mengganggu ketenangan dan kenyamanan pasien lainnya.

Dilarang Merokok

Sesuai ketentuan Pemerintah, rumah sakit adalah area bebas rokok. Untuk melindungi kesehatan pasien kami; pasien, pengunjung dan staf dilarang merokok di seluruh area rumah sakit.

 

Persyaratan pasien Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS)
Apa saja syarat yang harus dibawa oleh peserta JKN BPJS ?


Syarat Pasien JKN non Penerima Bantuan Iuran (PBI)

  • Fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  • Fotokopi kartu BPJS
  • Fotokopi rujukan (berlaku 6 bulan dari PPK 1)

Syarat Pasien JKN PBI

  • Fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  • Fotokopi kartu BPJS
  • Fotokopi rujukan (berlaku 6 bulan dari PPK 1)
  • Fotokopi Kartu Keluarga (KK)

Ketentuan Umum

  • Rujukan asli harus selalu dibawa Rangkap 1
  • Apabila pasien menjalani rawat inap, maka rangkap 2

Touchscreen Antrian Pasien

Adanya sistem antrian elektronik meminimalkan ketidaknyamanan dalam antrian. Keramahtamahan petugas pendaftaran memudahkan Anda dalam menentukan layanan yang diinginkan.

Layanan Gawat Darurat

Beroperasi 24 Jam. Dokter dan perawat-perawat profesional kami siap sedia memberikan pertolongan segera untuk mengatasi kasus gawat darurat.

 

Fasilitas Rawat Inap

Berbagai jenis perawatan kami siapkan sehingga memudahkan pasien untuk memilih jenis ruang rawat yang diinginkan seperti: Super VIP, VIP, Kelas I, Kelas II, Kelas III.

Go to top